Pengertian dan Keunggulan Kandang Ayam Closed House

Kandang Ayan Closed House

Kandang Closed House sudah biasa dibicarakan di peternakan. Pada dasarnya, kandang adalah dasar dan sangat penting untuk bisnis peternakan.
Kandang ayam yang nyaman akan memastikan proses pertumbuhan dan produktivitas ayam yang optimal.

 

Kandang ini memiliki semua kebutuhan pertumbuhan yang diperlukan, seperti sistem Pencahayaan yang baik, udara yang ideal, dan air minum serta makanan yang berkualitas.
Peternak dapat memaksimalkan produksi ayam mereka dengan menggunakan kandang closed house atau kandang tertutup.

 

Apa Sih Sebenarnya Kandang Ayam Closed House ?

 

Kandang ayam closed house adalah sistem kandang tertutup yang dapat mengoptimalkan cahaya, suhu, dan kelembapan lingkungan.
Dalam kandang tertutup, pergerakan udara yang stabil dan tingkat kelembapan udara dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan ayam.

 

Keuntungan Kandang Ayam Closed House

 

Kandang closed house dapat menampung antara 14 dan 18 ayam per meter persegi, dengan kapasitas kandang 2-3 kali lebih besar daripada kandang terbuka.
Kontrol biosecurity yang tergolong mudah, suhu yang lebih efektif sehingga sesuai dengan kebutuhan hidup ayam, kandang yang lebih mudah dibersihkan, kondisi ayam yang baik, dan biaya per kg yang lebih rendah adalah lima keuntungan dari kandang tertutup. Selain itu, untuk peternak kandang closed house, sangat mudah diatur dan dapat menekan biaya operasional dalam jangka panjang.
Kandang Closed House juga dianggap memiliki perawatan kandang yang murah dan lebih tahan lama, yang memberikan banyak keuntungan bagi para peternak.

 

Para peternak juga memilih kandang Closed House ini karena memiliki suhu standar tubuh ayam di setiap kandang.
Suhu efektif ayam diukur oleh tiga faktor: suhu ruangan (suhu yang diukur oleh termometer), kelembapan, dan kecepatan aliran udara di kandang.
Udara yang lembab (mengandung uap air) akan mengganggu laju penguapan tubuh ayam. Hal ini dikenal sebagai kelembapan udara, juga dikenal sebagai relatif kelembapan atau RH.
Berdasarkan suhu ruang, atau suhu termometer, ayam akan merasakan suhu yang lebih tinggi.
Meskipun termometer menunjukkan suhu yang tinggi, suhu tubuh ayam akan lebih rendah jika ada aliran udara. Ini karena efek menenangkan.

 

Namun, dengan iklim yang     berlangsung selama dua musim juga efektif dalam mengubah kondisi lingkungan yang dibutuhkan ayam.
Pada kandang Closed House ada inlet dan outlet di dalam sistem ventilasi. Inlet membawa udara bersih dari luar ke dalam kandang, dan outlet mengeluarkan gas karbondioksida dan amonia dari dalam kandang.

 

Dengan hal itu tidak perlu khawatir cuaca yang sering berubah dengan menggunakan Kandang Ayam Closed House, Tria Dinamika Corporindo juga menyediakan perlatan dan pemasangan perlengkapan kandang ayam closed house dengan after sales service yang memberikan rasa percaya kepada setiap customersnya.

 

Baca Juga : AJAIB! Inilah Manfaat Mengonsumsi Telur Rebus !

Facebook
WhatsApp
Email
Print
Scroll to Top