Mau Ternak Ayam Pedaging atau Ayam Petelur, Simak Penjelasan nya

Dunia Peternakan ayam sangat beragam, dan dapat memenuhi kebutuhan yang beragam sesuai dengan preferensi makanan. 2 kategori yang umum kita temukan dalam peternakan adalah Ayam Petelur dan Ayam Pedaging dimana kedua ayam ini memiliki tujuan beternak yang berbeda. Kita akan membahas kira kira apa saja sih perbedaan Ayam Petelur dan Ayam Pedaging.

 

  • TUJUAN DIPELIHARA :

Ayam Petelur : Sesuai Namanya Ayam Petelur di pelihara untuk di ambil telurnya, Ayam Petelur ini di pilih karena kemampuannya yang dapat memproduksi telur dalam jumlah yang banyak secara konsisten untuk waktu yang lama, umur ayam petelur hingga dapat di katakan afkir adalah 2 tahun atau sekitar 72-80 Minggu.

Ayam Pedaging :  Sementara Ayam Pedaging adalah ayan yang secara khusus dikembangkan dan di besarkan untuk produksi daging dengan waktu yang singkat. Ayam ini biasanya di panen seikitar 5-7 minggu ketika ayam telah mencapai berat yang di butuhkan, Ayam pedaging ini di kenal dengan pertumbuhannya yang cepat  dan kualitas daging yang bagus, sehingga menjadikan nya sumber utama daging ayam untuk di konsumsi.

  • PEMILIHAN BIBIT :

Ayam Petelur : Ayam petelur dipilih karena kapasitas bertelurnya. Ras seperti White Leghorn dan Rhode Island Red adalah pilihan populer untuk produksi telur karena kemampuan bertelurnya yang produktif.

Ayam pedaging : Ayam broiler biasanya disilangkan untuk mendapatkan produksi daging yang maksimal. Ayam ini dipilih berdasarkan sifat-sifat seperti pertumbuhan yang cepat, ukuran dada yang besar, dan konversi pakan yang efisien.

  •  PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN

Ayam petelur: Ayam petelur akan mencapai kedewasaan lebih lambat daripada ayam pedaging dan mulai bertelur pada usia sekitar 4-6 bulan. Ayam petelur dikembangbiakkan untuk menghasilkan pasokan telur yang konsisten dalam jangka waktu yang lama, yang berarti mereka memiliki masa produktif yang lebih panjang dibandingkan dengan ayam pedaging.

Ayam pedaging: Sementara itu Ayam pedaging tumbuh dengan sangat cepat dan berat badannya bertambah dengan cepat. Pertumbuhan yang cepat ini dicapai melalui kombinasi genetika dan nutrisi berkualitas tinggi. Ayam ini biasanya siap disembelih dalam hitungan minggu.

  •  PAKAN :

Ayam petelur: Ayam petelur membutuhkan pakan yang seimbang untuk mendukung produksi telur. Pakan mereka mengandung nutrisi spesifik seperti kalsium untuk mendukung cangkang telur yang kuat dan protein untuk memfasilitasi pembentukan telur.

Ayam pedaging: Ayam pedaging membutuhkan pakan berenergi tinggi dan berprotein tinggi untuk mendukung pertumbuhannya yang cepat. Pakan mereka diformulasikan dengan hati-hati untuk mendorong perkembangan otot dan penambahan berat badan.

  • KESIMPULAN :

Kesimpulannya, pilihan antara ayam pedaging dan ayam petelur dalam peternakan unggas bergantung pada tujuan, sumber daya, dan permintaan pasar Anda. Keduanya memiliki persyaratan unik dan memiliki tujuan yang berbeda dalam industri unggas. Apakah Anda bertujuan untuk menyediakan pasokan telur yang konsisten atau daging ayam berkualitas tinggi, memahami perbedaan antara ayam pedaging dan ayam petelur sangat penting untuk usaha peternakan unggas yang sukses.

#ayampetelur #ayampedaging #ayambroiler #ayamlayer #alatkandangayam #triadinamikacorporindo #kandangclosedhouse #ternakayam #itik #ternakbroiler #ternaklayer #dagingayam #telurayam #pakanayam

Facebook
WhatsApp
Email
Print
Scroll to Top